Aneh dan Unik

Top 10 Aneh Ventures Dari Perusahaan Terkenal

Korporasi, terutama yang terkenal, seringkali memiliki satu set gambar yang melekat padanya. Masing-masing dikenal untuk produk tertentu, tapi terkadang, perusahaan terkenal memiliki usaha sampingan yang sangat mengejutkan. Inilah 10 yang tidak akan pernah Anda duga.

10 Sony Menjual Asuransi Jiwa

01

Photo credit: Raysonho/Wikimedia

Sony Corporation terkenal dengan produk elektroniknya, yang mencakup segala hal mulai dari ikon Sony Walkman sampai headset 3-D. Namun, secara intuitif, divisi elektronik Sony mengeluarkan dana sebesar US $ 8,5 miliar selama periode 10 tahun dari tahun 2003 sampai 2013, sementara divisi terbaiknya adalah cabang asuransinya, yang selama periode 10 tahun sama meraup lebih banyak dari $ 9 miliar.

Awalnya Sony hanya menjual barang elektronik, tapi di tahun 1950an, salah satu pendirinya sedang tur ke AS dan sangat terkesan dengan gedung pencakar langit sehingga dia memutuskan perusahaan itu suatu hari nanti memiliki bisnis finansialnya sendiri. Pada 1980-an, Sony mulai menjual asuransi. Cabang rekaman digital dan media Sony – juga menguntungkan – juga semakin besar pada saat ini.

Sementara beberapa analis keuangan dan orang dalam perusahaan ingin Sony meninggalkan industri elektronik sepenuhnya atau memutarnya ke perusahaan yang terpisah, Sony telah enggan menyerah di industri ini yang paling terkenal dan di mana ia masih memiliki pangsa pasar yang signifikan.

9 Chrysler Digunakan Untuk Membangun Rockets

02

Photo credit: US Military

Sementara Chrysler telah menjadi perusahaan mobil sederhana sebelum Perang Dunia II, selama militerisasi Amerika Serikat, Chrysler membangun tank dan peralatan elektronik militer. Chrysler mendapatkan reputasi karena memiliki solusi rekayasa untuk banyak masalah militer dan juga harga yang tidak mencabut pemerintah AS selama perang. Setelah perang, Chrysler menempatkan keahlian tekniknya untuk digunakan dalam pembuatan rudal balistik pertama AS, roket Redstone – yang juga merupakan roket yang meluncurkan astronot Amerika pertama ke luar angkasa. Meskipun pada awalnya mereka enggan mengambil kontrak untuk membangun rudal Redstone, serangkaian kebetulan yang menguntungkan yang melibatkan pembatalan proyek militer lainnya membebaskan pabrik Chrysler untuk digunakan untuk membangun rudal.

Chrysler juga memproduksi tahap pertama roket IB Saturnus yang meluncurkan kapsul Apollo pertama ke luar angkasa. Kemudian, mereka mengerjakan tahap pertama roket Saturnus raksasa yang akan mendaratkan orang-orang di Bulan.

8 Target Menjalankan Investigasi Scema Kejahatan

03

Photo credit: Target

Salah satu pengecer terbesar di AS, Target bukanlah tempat pertama yang Anda pikirkan saat memikirkan forensik berteknologi tinggi. Namun, sejak pertengahan 1990an, Target telah mengubah teknologi anti-pencuriannya untuk menyelesaikan kejahatan. Dengan menggunakan teknologi yang dikembangkan untuk melacak persediaan dan mencegah pencurian di tokonya, Target menerapkan teknologi tersebut untuk membantu polisi di seluruh Amerika Serikat melacak penjahat dan berkoordinasi satu sama lain. Kelompok pelacak aset target juga menerapkan teknologinya untuk membantu polisi.

Target juga memiliki laboratorium forensik pribadi sendiri, yang memiliki akreditasi sama seperti laboratorium forensik kepolisian kota. Mereka menangani beberapa kasus bahwa laboratorium kejahatan polisi akan sulit, seperti bukti video tentang kejahatan yang dalam format codec yang tidak konvensional. Target juga telah menyediakan teknologi ke departemen kepolisian secara gratis, dan menargetkan karyawan terkadang terlibat dalam operasi FBI yang menargetkan organisasi kriminal, bahkan akan menyamar.

7 Bose Corporation Meneliti Cold Fusion

04

Photo credit: Michael Darter

Bose Corporation terkenal dengan sistem speaker dan sound definisi tinggi. Memang, Amar Bose, ilmuwan dan profesor MIT yang mendirikan perusahaan tersebut, terinspirasi untuk menciptakannya karena ia merasa tidak puas dengan kualitas speaker yang bisa ia beli. Namun, Bose sendiri adalah pemain depan dan terutama, dan karena ia memegang kendali pribadi atas perusahaannya, ia dapat mendaur ulang keuntungan perusahaan kembali ke penelitian tentang pilihannya. Dan tidak semua penelitian ini melibatkan suara atau bahkan elektronik.

Pada tahun 1989, Bose masuk ke sebuah forum mengenai klaim baru perpaduan dingin – sebuah klaim yang bisa merevolusi dunia seandainya benar. Namun, setelah menemukan para ilmuwan di forum tersebut saling menghina satu sama lain daripada mendiskusikan penggabungan dingin secara ilmiah, Bose memutuskan untuk membentuk sekelompok ilmuwan dari perusahaannya sendiri yang akan menyelidiki klaim fusi dingin secara metodis. Selama dua tahun, mereka menyangkal semuanya.

6  Microsoft Menjual Mainan Anak

05

Photo credit: Microsoft/Amazon

Pada tahun 1997, segera sebelum gelembung dot com, Microsoft keluar dengan jenis mainan baru yang diklaim akan merevolusi cara anak bermain – berimaksimilasi. Mainan setinggi 40 sentimeter (16 inci), termasuk yang termasuk Barney the Dinosaur dan Arthur the Aardvark, dikemas dengan sensor dan pemancar. Hal ini memungkinkan mainan untuk membuat pernyataan tentang acara TV yang ditonton anak-anak saat anak-anak mengawasi mereka, dan juga menggunakan sensor untuk berinteraksi dengan anak-anak secara langsung melalui gerakan yang telah diprogram sebelumnya. Saluran televisi akan menyiarkan sinyal pembawa sekunder yang memungkinkan interaksi dan komentar real-time.

Aktimimasi dihentikan hanya setelah tiga tahun. Sistemnya cukup mahal dan rumit untuk disiapkan, seharga $ 175. Pilihan karakter selanjutnya setelah Barney mungkin tidak sebagus, karena mainan kemudian dijual dengan kurang baik. Seiring penetrasi pasar mainan dengan teknologi juga cukup terbatas pada saat itu, mainan tidak menangkapnya.

5 Pepsi Didukung Coups Amerika Selatan

06

Photo credit: AP

Pada tahun 1960an, perusahaan AS yang mendirikan operasinya di Amerika Selatan memiliki kepentingan bisnis mereka oleh CIA. Itu adalah hubungan yang nyaman, dengan perusahaan AS membantu CIA mencegah penyebaran komunisme ke Amerika Selatan dan CIA menjamin aset perusahaan secara bergiliran. Dengan situasi politik Cile yang semakin memburuk terhadap kepentingan perusahaan AS, perusahaan AS bekerja keras di belakang layar untuk mendapatkan pemerintah AS (dan dengan perluasan CIA) untuk memanipulasi adegan politik Chili agar menjadi lebih ramah bisnis.

Salah satu perusahaan tersebut adalah PepsiCo, yang memiliki operasi pembekuan Pepsi dan kepentingan lainnya di Cile dan khawatir koalisi sosialis di bawah kepemimpinan presiden Salvador Allende akan menasionalisasi aset perusahaan asing di Cile. Pada tahun 1970, sebuah permohonan PepsiCo kepada Richard Nixon, yang pernah bekerja untuk PepsiCo sebagai pengacara, secara langsung memicu kudeta Chili yang didukung CIA tahun 1970 yang memaksa Allende berkuasa dan menyebabkan bangkitnya junta Chili.

4 McDonald’s Memiliki Garis Fashion Sendiri

07

Photo credit: McDonald’s

Pada tahun 2015, McDonald’s keluar di Swedia dengan sesuatu yang sama sekali tak terduga – sebuah fashion line. Pakaian yang tampak aneh termasuk jas hujan dan sepatu bot, dengan latar belakang putih dihiasi gambar Big Macs. Kemudian persembahan termasuk wallpaper dan bahkan pakaian untuk anjing. Bagian dari kampanye global oleh McDonald’s yang disebut “I’m Lovin ’24,” pakaian itu hanya tersedia di Swedia.

Ini bukan ide satu kali. Pada bulan Maret 2016, McDonald’s di Australia meluncurkan rangkaian piyama, T-shirt, dan tombol santai yang terbatas, bersamaan dengan kampanye nasional yang menawarkan pilihan menu sarapan “brekkie” sepanjang hari. Serupa dengan format kampanye 2015, desain pada pakaian itu memiliki gambar kentang goreng dan McMuffins yang melawan latar belakang putih atau kotak-kotak. Hanya sejumlah potongan yang dijual, dan terjual habis dengan sangat cepat.

3 Playtex Membuat  Desain The Apollo Space Suits

08

Photo credit: NASA

Pada tahun 1960, International Latex Corporation – yang di masa depan akan dikenal sebagai Playtex – menggunakan keahlian mereka dengan pakaian dalam yang nyaman untuk memenangkan kontrak NASA untuk membangun pesawat ruang angkasa yang akan digunakan oleh astronot Apollo di Bulan. NASA (mungkin tidak sepenuhnya percaya bahwa sebuah perusahaan pakaian bisa membuat pesawat ruang angkasa) membuat ILC bekerja di bawah Hamilton Standard, sebuah perusahaan kedirgantaraan dan pertahanan. Tanpa konsultasi ILC, Hamilton mengajukan prototipe sendiri ke NASA tanpa masukan ILC. Setelan Hamilton ditolak oleh NASA, dan ILC kehilangan kontrak mereka saat Hamilton menyalahkan kesalahan setelan di kaki mereka.

ILC tidak menyerah harapan. Ketika NASA menyelenggarakan kompetisi hanya undangan untuk pesawat ruang angkasa baru, ILC berhasil meyakinkan NASA untuk memberi mereka kesempatan kedua. Setelan baru ILC, desain tangan ILC sepenuhnya oleh penjahit, memenangkan kompetisi. Dua setelan pesaing mengalami kegagalan yang memalukan, sementara setelan ILC melewati sebagian besar tes yang ditetapkan untuknya. ILC akan terus membuat setelan yang dikenakan Neil Armstrong saat pertama kali menginjak Bulan.

2 Monsanto Membantu Pembuatan Senjata Nuklir

09

Photo credit: Jack W. Aeby

Monsanto paling dikenal saat ini karena penyakitnya yang dimodifikasi secara genetik. Ini benar-benar dimulai dan berlanjut untuk sebagian besar sejarah perusahaannya sebagai perusahaan manufaktur bahan kimia. Namun selama Perang Dunia II, Monsanto adalah salah satu organisasi di balik Proyek Manhattan, bangunan dan fasilitas operasi yang digunakan dalam produksi komponen senjata nuklir, yang terus beroperasi dengan baik sampai tahun 1980an.

Dr. Charles Allen Thomas dan Dr. Carroll A. Hochwalt, ahli kimia yang bekerja untuk Monsanto, direkrut untuk membantu proyek Manhattan pada tahun 1943. Thomas secara khusus ditugaskan untuk mengerjakan produksi plutonium yang dibutuhkan untuk bom tersebut. Tugas lain yang harus dipikirkan Thomas adalah produksi polonium, elemen lain yang dibutuhkan agar senjata nuklir bisa bekerja. Produksi polonium jatuh ke Monsanto, yang membangun fasilitas industri rahasia di Dayton, Ohio, di lokasi sebuah pusat komunitas. Mereka mengatasinya sampai setelah perang, saat kontaminasi radioaktif memaksanya untuk dibongkar.

1 Hooters Punya Maskapai Penerbangan

10

Pada tahun 2003, pendiri Hooters, Bob Brookes, memulai sebuah perusahaan penerbangan berdasarkan model lini kesuksesan Hooters Restaurants-nya. Membeli maskapai yang sudah ada sebelumnya, ia mengubahnya menjadi Hooters Air. Dengan harga yang kompetitif dan atasan rumah bertiang yang sangat minim, maskapai penerbangan pada awalnya sukses, meski hanya memiliki beberapa pesawat terbang. Pada puncaknya, maskapai ini mengangkut lebih dari 1.000 penumpang setiap minggu.

Namun, kenaikan biaya bahan bakar dan persaingan murah akhirnya ditakdirkan Hooters Air. Selain itu, maskapai ini hanya berbagi nama dan pelayan restoran Hooters, dan tidak ada restoran makanan hooters yang disajikan di kapal. Pada tahun 2006, perusahaan menghentikan semua penerbangan penumpang kecuali untuk penerbangan charter dari satu kota, mengakibatkan ratusan orang kehilangan pekerjaan mereka. Setelah itu, Brookes memutuskan untuk berhenti mendukung maskapai itu dengan uangnya sendiri dan membiarkannya masuk.